Macam - Macam Busa untuk Sofa

Busa Bahan Sofa - Banyaknya bahan - bahan yang digunakan untuk membuat sofa membuat kita bertanya - tanya. Apa saja yang digunakan untuk sofa dan bagaimana kualitas bahan tersebut? Bila kita penasaran dan akan bertanya kepada penjual bahan tersebut akan merepotkan sang penjual karena banyaknya bahan yang digunakan. Pada pokok pembahasan kali ini, admin akan mengulas bahan utama yang digunakan pada pembuatan sofa, yaitu Busa / Foam.


Busa / Foam merupakan salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sofa. Bila tidak ada busa tentunya sofa tidak akan terasa empuk. Ada berbagai jenis busa yang digunakan dalam pembuatan sofa, mulai daru busa bertebal 1 cm, 2 cm, 4 cm, dan 8 cm. Tentunya tiap ketebalan memiliki perannya masing - masing, untuk membuat dudukan terasa empuk, untuk kenyamanan pada bagian sandaran, dsb. Dibawah ini, admin akan menjelaskan satu persatu fungsi busa yang digunakan.

Busa 1 cm 
Busa 1 cm adalah busa tipis yang mudah robek sehingga dalam pembuatan sofa pemakaiannya tidak begitu banyak, hanya membuat 1 lembar saja untuk membuat 1 set sofa 3.2.1.. Busa jenis ini hanya digunakan sebagai pelapis busa lain agar menjaga keawetan pada busa yang dilapisinya. Seperti busa pada bagian tangan, karena busa pada bagian tangan rentan bergesekan terhadap kain dan rangka, sehingga bila tidak berlapis busa akan mudah kempes.

Busa 2 cm
Seperti busa 1 cm, busa ini cukup tipis karena hanya bertebal 2 cm. Tetapi busa ini dirancang dengan serat yang lebih padat, sehingga membuatnya tidak mudah untuk robek. Busa ini digunakan sebagai pembatas utama antara kain dan rangka pada bagian tangan, jadi membuat kain tidak mudah robek. Busa 2 cm juga digunakan sebagai busa pelapis di bagian dudukan dan sandaran, karena teksturnya seratnya dapat menjaga busa tebal yang dilapisinya.
Busa 4 cm
Busa 4 cm adalah busa berketebalan sedang. Busa jenis ini digunakan pada bagian dudukan untuk sofa yang berukuran lebih kecil agar menjaga bentuk sofa tersebut. Karena ketebalannya, busa 4 cm juga digunakan untuk sandaran pada sofa - sofa yang ber ukuran besar, tentunya membuat sofa terasa sangat lembut dan sangat empuk.

Busa 8 cm
Busa 8 cm, busa yang paling tebal digunakan untuk sofa. Busa 8 cm digunakan sebagai bahan utama pada bagian dudukan karena pada bagian dudukanlah, beban terberat sofa akan ditampung. Busa ini memiliki serat yang sangat padat, sehingga membuat busa sedikit lebih keras. Dengan memiliki serat yang sangat padat, busa ini tidak mudah untuk kempes. Jadi busa 8 cm bisa awet 4 sampai 5 tahun, tergantung pada pemakaiannya.

Inilah berbagai jenis busa yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan sofa. Busa pada sofa tersebut bisa awet tergantung pada pemakaian masing - masing. Ada kalanya busa tersebut dapat rusak sehingga kita perlu menggantinya.

Histats