Ingin Sofa Anda Awet? Ini Dia, Tips Cara Memilih Kain untuk Sofa yang Kuat dan Tahan Lama

Cara Memilih Kain Untuk Sofa yang Kuat dan Tahan Lama - Kain adalah produk tekstil yang terbentuk dari ribuan tenunan benang yang disusun secara serupa. Kain memiliki berbagai jenis yang bervariasi, dari yang lembut, kasar, tipis, tebal, kuat, dll. Selain berfungsi sebagai pakaian, kain juga digunakan sebagai alat pembungkus sofa. Selain dapat memperindah sofa, kain tersebut juga dapat menambah tingkat kenyamanan pada sofa tersebut.

Dari segi pembuatan sofa, kain yang di cari adalah kain yang bersifat kuat dan tahan lama. Mengapa demikian? Sofa digunakan secara berkala dan setiap kali ada orang yang duduk di atasnya, sofa akan menanggung beban yang beragam. Jika menggunakan kain yang bersifat tipis, itu akan menyebabkan sofa anda cepat rusak dan otomatis akan membebankan isi dompet anda.

Lalu, bagaimana cara mengetahui mana kain sofa yang kuat dan mana yang rentan untuk rusak? Yak, kali ini admin sayangisofamu akan membahas tentang tips cara memilih kain untuk sofa yang kuat dan tahan lama. Berikut ulasannya :


1. Pastikan Kain Memiliki Serat yang Tebal

Kain yang kuat adalah kain yang memiliki serat yang tebal. Semakin tebal serat maka akan semakin kuat tekstur kain yang akan tercipta. Cara mengecek tekstur kain pun sangat mudah, jika anda melihat bagian belakang kain maka anda akan dapat dengan jelas melihat tekstur serat kain yang tersusun. Namun ada juga yang memiliki serat yang tertutup, namun jenis yang satu ini tidaklah banyak sehingga akan mempermudah anda.

Jika anda menemukan serat kain yang tertutup atau tidak jelas, anda tinggal melihat ketebalan dan meraba kedua sisi kain secara bersamaan menggunakan jari anda. Semakin halus tekstur seratnya maka akan semakin kuat dan bagus juga kualitas dari kain tersebut. Jika anda memeriksa kain berjenis kulit, cukup dengan meraba bagian belakang kainnya karena serat dari kain yang berjenis kulit lebih mudah untuk dirasakan.

2. Cek Ketebalan Kain

Ketebalan kain juga perlu kita cermati, semakin tebal maka akan semakin bagus juga kualitas dari kain tersebut. Untuk kain bertekstur kulit, yang berkualitas bagus biasanya memiliki ketebalan berkisar 5 - 6 milimeter dan memiliki serat yang cukup besar sehingga dapat menahan segala beban. Untuk kain yang berjenis tekstil atau kain bertekstur lembut biasanya memiliki serat yang rapat di bagian bawahnya yang dapat memperkuat kualitas kain sehingga tidak mudah sobek.

3. Pilih Kain yang Tidak Mudah Menyerap Panas

Suhu bisa menjadi salah satu penyebab kain sofa anda cepat rusak. Tekanan suhu panas yang disebabkan dapat membuat kain sofa mengkerut maupun memuai. Jika anda tidak ingin membuat kain sofa anda cepat rusak, maka carilah kain yang tidak mudah menyerap panas. Kain yang mudah menyerap panas biasanya yang berbahan dasar nilon. Udara panas yang datang dari bawah akan menuju ke dalam sofa dan kain yang berbahan dasar nilon akan menghambat jalannya udara panas ke atas sehingga menyebabkan suhu udara pada bagian dalam sofa meningkat.

Tidak hanya dari segi bahan, pemilihan kain juga bisa dalam segi warna. Jika ruangan anda terkena terik matahari dan disana ada sofa yang menadahinya, maka pilihlah warna yang lebih cerah, karena warna cerah dapat memantulkan panas sinar matahari.

Ketiga tips di atas sangat efektif jika anda ingin membeli atau memesan sebuah sofa, karena sofa yang awet juga membutuhkan kain yang berkualitas. Jika di ibaratkan, kain sofa adalah jubah dari sofa itu sendiri, semakin kuat jubah yang digunakan maka semakin awet sofa tersebut.

Sekian informasi yang dapat admin sayangisofamu sampaikan mengenai tips cara memilih kain untuk sofa yang kuat dan tahan lama. Cek juga informasi seputar sofa lainnya hanya di www.sayangisofamu.blogspot.com . Terima kasih dan Semoga Bermanfaat.

Histats