Tips Cara Membersihkan Debu Halus Pada Sofa

Cara Membersihkan Debu Halus - Debu halus kerap menjadi gangguan bagi kita dimanapun berada. Keberadaannya pun menuai banyak penyakit seperti gangguan pernafasan, batuk, bersin, alergi, bahkan sampai asma. Adapun debu halus yang sering bertebaran di dalam rumah sehingga menempel ke berbagai perabotan, seperti pada sofa. Cara membersihkan debu halus tidak boleh sembarangan, karena jika kita sembarangan membersihkannya dengan menepuk sofa, debu tersebut akan kembali berterbangan dan alhasil kita akan menghirupnya secara tidak sengaja.

Jadi, bagaimana kita membersihkan debu - debu halus ini? Kali ini, admin sayangisofamu akan membahas tentang bagaimana cara membersihkan debu halus pada sofa anda. Simak ulasan berikut.


Cara membersihkan debu halus ada banyak caranya, tergantung juga pada jenis kain yang digunakan pada sofa anda. Namun tidak perlu khawatir, cara membersihkannya pun cukup mudah, berikut akan admin jelaskan bagaimana cara membersihkan debu halus pada sofa berdasarkan jenis kain yang digunakan :

1. Kain Rayon

Jika sofa di rumah anda menggunakan kain rayon, anda bisa menggunakan beberapa cara untuk membersihkan sofa yang anda miliki. Berikut caranya :

- Gunakan Lap Basah

Gunakan lap basah untuk membasuh bagian luar sofa anda dari debu halus. Setelah anda selesai membasuh keseluruhan sofa, otomatis sofa anda akan sedikit basah. Nah, anda bisa mengeringkannya menggunakan hair dryer atau bisa anda jemur sebentar untuk mengeringkannya. Ketika basah, anda juga bisa mengoleskan pengharum pakaian agar sofa anda harum dan tidak berbau apek.

- Gunakan Penepuk Kasur atau Sapu Lidi

Menggunakan kedua alat ini akan sedikit beresiko jika ada di dalam ruangan. Jadi, anda di anjurkan untuk menggunakannya di luar ruangan. Jangan lupa untuk memakai masker dan kacamata sehingga anda dapat mencegah menghirup debu secara langsung dan menghindari kelilipan.

- Gunakan Vacum Cleaner

Jika anda memiliki vacum cleaner, anda bisa menggunakannya untuk membersihkan sofa anda dari debu - debu halus yang menempel dengan mudah.

2. Kain Handuk

Sofa yang berbahan kain handuk cukup sulit untuk dibersihkan. Karena tekstur kain yang timbul menyebabkan kita tidak boleh membersihkannya terlalu kasar. Jika cara membersihkannya terlalu kasar akan menimbulkan kerusakan pada tekstur kain handuk. Jika sofa dirumah anda menggunakan kain handuk, anda tidak disarankan untuk mencucinya menggunakan sikat dan lap basah. Sangat di sarankan untuk membersihkannya dengan menggunakan vacum cleaner yang anda miliki atau bisa anda pinjam dari tetangga anda.

Selain vacum cleaner, anda juga bisa menggunakan penepuk kasur atau sapu lidi sebagai alat untuk membersihkannya. Namun cara yang satu ini cukup merepotkan, karena jika anda menggunakan kedua alat tersebut, disarankan untuk membersihkannya di luar area rumah yang bertujuan untuk mencegah adanya debu halus yang hinggap keberbagai perabotan lain.

3. Kain Bertekstur Kulit (Oscar)

Sofa dengan kain bertekstur kulit sangat mudah untuk di bersihkan, anda cukup menggunakan lap basah dan mengeringkannya menggunakan lap yang dapat menyerap air dengan mudah. Tekstur kulit pada sofa dapat mencegah air masuk ke bagian dalam sofa sehingga anda tidak perlu khawatir jika ingin mengeringkannya. Selain mudah, cara tersebut tidak akan memakan waktu lama sehingga anda tidak membuang banyak waktu libur anda dan bisa melanjutkan waktu santai anda.

Itulah beberapa tips seputar cara membersihkan debu halus pada sofa yang anda miliki dirumah. Dengan menjaga kebersihan pada sofa, anda bisa mencegah penyakit dapat hinggap dan menulari keluarga anda. Sekian informasi yang dapat admin sayangisofamu sampaikan, cek juga informasi seputar sofa lainnya hanya di www.sayangisofamu,blogspot.com . Semoga bermanfaat.

Histats