Berbagai Jenis Kain yang Digunakan Untuk Sofa

Berbagai Jenis Kain Sofa - Memilih kain yang tepat untuk sofa adalah kebebasan kita yang diberikan oleh produsen sofa. Berbagai jenis kain yang disuguhkan juga tidaklah sedikit, sehingga membuat kita bingung. Kita tentunya tidak menginginkan sofa yang akan kita memiliki mudah rusak, sehingga memilih bahan yang berkualitas tinggi menjadi prioritas utama. Pada saat inilah kita bisa memilih dari bahan dasar yang digunakan pada kain - kain tersebut.


Ada bermacam - macam bahan yang digunakan sebagai bahan dasar kain seperti katun, linen, rayon, polyester, dan oscar. Bila kita bingung untuk memilih kain yang akan digunakan, kita bisa memikirkan ruangan yang akan ditempati sofa tersebut. Ruangan menjadi salah satu faktor pendukung dari kain sofa karena konsep yang dimiliki masing - masing ruangan. Jika ruang tamu menjadi konsep dasar, kita bisa memilih kain berbahan dasar oscar.

Kenapa harus memilih oscar? Tentunya untuk ruang tamu, kita memilih bahan yang awet dan tahan lama. Sekilas dari dekat oscar memang terlihat seperti kulit, tetapi oscar bukanlah kulit yang sesungguhnya. Konsep dasar yang digunakan untuk membuat oscar memanglah kulit, karena tekstur kulit yang tidak mudah kotor dan tidak mudah robek. Serat yang digunakan untuk bahan oscar tidak mudah menyerap air, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Polyester juga bisa menjadi pilihan kedua jika anda tidak menyukai tekstur oscar. Tergantung bahan dasar yang digunakan polyester, untuk ruang tamu lebih disarankan yang berbahan dasar benang nilon. Memang sedikit kasar, tetapi keawetannya sangat terjamin. Mudah untuk mengenali kain jenis polyester, karena anyaman polyester cenderung lebih tebal dari kain - kain yang lain. Ketebalan tersebut tidak memudahkan kain jenis ini mudah robek. Jika ruang keluarga menjadi konsep, kita bisa memilih katun, linen, atau rayon.

Katun sering juga digunakan untuk sofa karena kelebihan kain katun adalah kelembutannya. Benang - benang tipis yang di anyam demikian rupa lah yang membuat katun menjadi sangat lembut. Katun juga tidak panas bila disentuh, sehingga pada saat siang hari sangatlah nyaman menggunakan sofa yang berbahan kain katun. Tetapi bahan katun juga memiliki kelemahan, karena bahannya yang tipis sehingga mudah robek dan warnanya cepat memudar.

Linen adalah bahan yang menggunakan serat alami, membuat para penggunanya merasa hangat bila menggunakan sofa yang berbahan kain linen. Ciri linen hampir sama dengan polyester karena besar serat yang digunakan, namun serat linen cenderung sedikit lebih kecil dibandingkan polyester. Linen tidak mudah robek karena seratnya, tetapi bila kulit anda bergesekan secara cepat dengan kain linen akan terasa seperti terbakar.

Rayon berkonsep dasar sutra, lembut dan nyaman bila digunakan seperti katun. Serat rayon hampir sama seperti katun, perbedaannya hanya pada bahan dasar yang digunakan. Warna pada bahan rayon juga tidak mudah pudar seperti katun, sehingga rayon menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Kelemahannya sama seperti kain katun yaitu mudah robek dan rentan terhadap cairan.

Histats