Tips Cara Menghilangkan Tungau dan Kutu Busuk pada Sofa

Cara Menghilangkan Tungau dan Kutu Busuk pada Sofa - Tungau dan Kutu Busuk adalah binatang yang kerap menjadi pengganggu disaat kita sedang bersantai. Kedua hewan ini juga dapat menyebabkan alergi seperti penyakit gatal yang dapat mengganggu aktivitas keseharian kita. Habitat mereka biasanya berada diantara sela-sela kasur bahkan sofa. Tungau dan kutu busuk terkenal akan susahnya mereka di basmi, karena ukuran mereka yang kecil dan tempat tinggal yang susah untuk di jangkau. Yap, kali ini admin sayangisofamu akan membahas bagaimana cara mengusir tungau dan kutu busuk pada sofa anda.


Sebenarnya ada beberapa trik untuk membasmi tungau dan kutu busuk secara bersamaan. Berikut admin akan menjelaskan bagaimana cara mengusir dan mencegah adanya tungau dan kutu busuk pada sofa :


1. Gunakan Kapur Barus

Kapur barus menjadi salah satu barang yang cukup efektif untuk mengusir tungau dan kutu busuk. Selain bentuknya yang kecil dan sifatnya yang mudah menguap, kapur barus juga bisa ditempatkan pada sela-sela sofa anda. Untuk cara yang lebih efektif, anda bisa mencampurkan kapur barus dengan minyak tanah, lalu oleskan kebeberapa tempat yang berkemungkinan menjadi sarang tungau dan kutu busuk.

2. Menggunakan Kulit Durian

Cukup aneh jika mendengar sebuah kulit durian untuk mengusir tungau dan kutu busuk, namun siapa sangka cara ini akan sangat efektif. Bau yang dikeluarkan oleh kulit durian yang khas yang tidak disukai oleh tungau dan kutu busuk sehingga memaksa mereka keluar dari tempat persembunyiannya.

3. Asam Jawa

Hampir sama seperti kulit durian, asam jawa juga menjadi salah satu item yang cukup efektif untuk mengatasi tungau dan kutu busuk pada sofa anda. Asam jawa memiliki aroma yang khas yang dapat mengusir mereka. Karena mudah untuk dihancurkan, anda bisa mengoleskan rempah-rempah asam jawa di antara sela-sela sofa yang berkemungkinan terdapat sarang tungau dan kutu busuk

4. Tetap Jaga Kebersihan Sofa

Menjaga kebersihan sofa dapat menjadi cara jitu untuk melakukan pencegahan karena tungau dan kutu busuk hidup dalam lingkungan kotor yang penuh debu. Terkadang mereka juga bisa terbawa oleh tamu yang sedang mampir ke rumah anda, sehingga jika sofa anda kotor, tungau atau kutu busuk yang mereka bawa dapat hinggap dan berkembang biak secara leluasa di sofa anda.

Cara membersihkan sofa cukup mudah, jika anda menggunakan kain berjenis handuk atau katun, anda cukup membersihkannya dengan penyedot debu atau menepuk sofa menggunakan sapu lidi untuk menghilangkan debu yang menempel, hal ini perlu dilakukan minimal sekali dalam sebulan. Untuk kain berjenis kulit caranya lebih mudah, cukup menggunakan lap basah lalu keringkan dengan lap kering.

5. Jaga Pola Hidup Tetap Bersih

Terkadang kita suka nyemil ketika sedang menonton TV di atas sofa. Cemilan kering seperti potato chips atau biskuit yang dapat menghasilkan rempah-rempah menjadi salah satu pengundang tungau dan kutu busuk. Dengan adanya kotoran sisa makanan dan suhu yang hangat pada sofa dapat memudahkan mereka untuk berkembangbiak secara massal.

Hindari juga duduk di sofa ketika sedang berkeringat. Bau keringat yang menempel menjadi salah satu penyebab utama adanya tungau dan kutu busuk pada sofa anda.

Demikian informasi yang dapat admin berikan seputar cara menghilangkan tungau dan kutu busuk pada sofa. Menjaga kebersihan menjadi faktor utama untuk menghindari kedua hewan tersebut hinggap pada sofa kesayangan anda. Cek juga informasi seputar sofa dan cara perawatannya hanya di www.sayangisofamu.blogspot.com . Semoga bermanfaat.

Histats